Cara Merawat Tali Pusar Bayi

iklan ...

Berikut ini tulisan mengenai Cara Merawat Tali Pusar Bayi. Tali pusar (ada juga yang menyebutnya tali pusat) bayi lepas antara 5-21 hari. Sebaiknya di antara waktu tersebut bayi jangan terlalu sering dimandikan langsung. Cukup di seka atau di lap tubuhnya dengan waslap yang dibasahi dengan air hangat agar tali pusar tidak lembab dan tetap kering. Jika terpaksa harus dimandikan, maka setelah mandi tali pusar bisa dikeringkan dan di bungkus dengan kasa alkohol.

Apabila tali pusar bersih dan kering, sebenarnya perawatan tali pusar tidak diperlukan. Jika dibiarkan terbuka biasanya tali pusar lebih cepat kering dan terlepas. Tali pusar jangan terlalu sering atau banyak terkena air atau basah akibat dibersihkan dengan alkohol.

Dalam merawat tali pusar bayi sebaiknya harus memperhatikan aspek persiapan dan pelaksanaan. Persiapan yang harus dilakukan dalam perawatan ini yaitu :
- Kain kasa steril beralkohol. Apabila tidak ada kain kasa beralkohol, bisa menggunakan kain kasa steril yang dibasahi dengan alkohol 70%.
- Bola kapas yang lembut dan steril (jika perlu).
- Alkohol 70%
- Cutton bud

Selanjutnya, setelah mempersiapkan perlengkapan tadi, kini waktunya melaksanakan perawatan tali pusar bayi :
- Cuci tangan
- Buka kasa pembungkus tali pusar, bantu dengan cutton bud yang telah dibasahi dengan alkohol.
- Tali pusar bayi yang baru lahir biasanya bersih dan tidak lengket. Namun, jika tali pusar tersebut basah dan lengket bersihkanlah dengan bola kapas atau cotton bud yang telah dibasahi dengan alkohol.
- Kemudian tali pusar dibungkus dengan kasa steril dan ikat dengan cara dilipat.
- Kenakan pakaian bayi. Ingat perhatikan dalam mengenakan popok atau celananya, jangan sampai mengenai daerah tali pusar bayi karena akan menyebabkan iritasi.
- Cuci kembali tangan anda.

Jangan menutup tali pusar dengan plester, gurita bertali, dan semacam jaring elastis karena dapat menyebabkan iritasi. Merawat tali pusar dengan betadine dapat menyebabkan terganggunnya fungsi hormon tiroid pada bayi.

Jika pada tali pusar bayi ada nanah dan berbau busuk, di pangkal tali pusar terlihat kemerahan, bayi demam, dan bayi selalu menangis jika kulit disekitar tali pusar tersentuh jari, maka segeralah hubungi dokter.

Demikian tulisan Cara Merawat Tali Pusar Bayi. Semoga bermanfaat.@

Subscribe to receive free email updates: