Cara Mempercepat Pemulihan Luka Caesar



Proses melahirkan bisa melalui dua cara, yaitu secara normal dan melalui operasi caesar. Kali ini kita akan mengulas mengenai cara menyembuhkan luka pasca melahirkan secara caesar. Operasi caesar adalah tindakan bedah untuk membantu proses kelahiran bayi. Dengan operasi besar ini, akan membuat ibu si bayi akan merasakan sakit pasca operasi tersebut. Tindakan pembedahan tersebut akan menyisakan luka pada perut si ibu. 

Rasa sakit yang biasanya dirasakan oleh pasien setelah melakukan operasi caesar yaitu munculnya rasa perih dan sakit. Tentunya hal ini akan membuatnya menjadi kurang nyaman, apalagi jika bergeser dari tempat tidur atau tempat duduk, tertawa, dan batuk yang akan membuatnya terasa nyeri. Nah berikut ini tips dan cara mempercepat proses pemulihan luka pasca operasi caesar.

Pertama, konsumsilah makanan yang kaya akan serat untuk mencegah sembelit dan segeralah makan atau minum ketika merasa lapar atau haus.

Kedua, gunakanlah pakaian berbahan katun dengan ukuran yang longgar. Anda juga bisa menggenakan celana dengan bahan yang lentur atau bisa melar untuk melindungi luka pasca operasi caesar.

Ketiga, jaga baik-baik luka bekas operasi tersebut. Jangan pernah mengoles atau meletakkan apapun diatas luka bekas operasi caesar, kecuali atas petunjuk dari dokter. Perlu anda ketahui juga ciri-ciri atau tanda luka bekas operasi caesar mengalami infeksi yaitu : nyeri tambahan, kemerahan pada luka, dan mengalami perubahan pada luka. Segeralah untuk menghubungi dokter.

Keempat, lakukanlah secara rutin setiap hari untuk mencuci dan mengeringkan luka bekas operasi caesar. Sebenarnya anda juga bisa mandi dan memakai sabun seperti biasanya, asalkan anda membilasnya dengan bersih. Setelah mandi bersihkan dan keringkan luka dengan cara menepuk-nepuk secara lembut dengan handuk yang bersih dan kering.

Demikian posting tips dan cara mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan luka bekas operasi caesar. Semoga bermanfaat.

Tips

Terapi Jus