Cara Menjaga Kulit Bayi Agar Tetap Sehat

iklan ...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Jika orang tua tidak hati-hati merawatnya, bisa-bisa membahayakan kesehatan kulit anaknya. Oleh karena itu, Dokter spesialis anak Meta Hanindita, Sp.A, memberikan beberapa tips bagaimana menjaga agar kulit bayi tetap terjaga.

Pertama, kata dia, dengan mandi teratur. Memandikan batita bisa dilakukan sambil duduk dalam bak mandi atau pada usia yang lebih besar, dengan berdiri. Langkah yang harus dilakukan, isilah bak mandi dengan air, bisa hangat atau dingin

''Sebaiknya jangan mengisi bak terlalu penuh untuk menghindari kecelakaan,'' ucap Meta, dalam peluncuran buku Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Batita, di Jakarta, Jumat (9/2).


Gunakanlah sedikit sabun, bersihkan lipayan leher, tangan, kaki, tubuh, hingga bokong. Kemudia bilas seluruh tubuh batita. Beri shampo secukupnya, lalu usap kembali sampai busa tak bersisa. Jangan lupa juga membersihkan daerah kelamin dari arah depan ke belakang, serta jangan mengeringkan tubtuh batita dengan menggosokan handuk.

''Tapi tekan lembut dengan menggunakan handuk yang permukaannya halus,'' ujarnya.

Jika batita takut air, lanjutnya, jangan memaksa atau memarahinya. Jelaskan pentingnya mandi, buatlah suasana mandi yang menyenangkan. Bawa beberapa mainan atau dengan bernyanyi saat mandi.

Yang paling penting adalah, jangan meninggalkan anak sendirian dalam kamar mandi. Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau dingin untuk anak. Gunakan sabun dan shampo yang sesuai.

Kedua, lindungi kulit dari sinar matahari langsung. Meta menuturkan, untuk batita, direkomendasikan tidak terkena sinar matahari langsung, terutama di antara pukul 10.00 sampai pukul 16.00.

Gunakan topi saat harus beraktifitas di luar ruangan pada siang hari. Gunakan baju lengan panjang yang dapat melindungi kulit batita. Jika berenang atau dalam cuaca sangat terik, pastikan memakai sunscreen yang sesuai untuk anak. '

"Gunakan setiap 2 sampai 3 jam setelah anak beraktifitas atau terkena air,'' kata Meta.

Subscribe to receive free email updates: