Mitos, Ibu Hamil Harus Makan Porsi Ganda

iklan ...

Banyak ibu hamil sengaja makan banyak hanya karena alasan harus harus memberi makan dirinya dan bayinya. Sebenarnya hal ini hanyalah mitos. Faktanya, ibu hamil hanya membutuhkankan tambahan ekstra 300 kkal per hari untuk mencukupi kebutuhan janin yang dikandungnya.

Menurut Guru Besar Teknologi dan Pangan IPB, Prof Dr Made Astawan, MS., apabila ibu hamil makan dengan porsi ganda maka akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Normalnya, kenaikan berat badan ibu hamil menurut Committee on Nutritional (1990), untuk ibu gemuk dengan indeks masa tubuh lebih dari 26-29, maka pertambahan berat badannya adalah 7-11,5 kg.

Sedangkan untuk ibu normal dengan indeks masa tubuh 19,8-26 pertambahan berat badan yang normal adalah 11,5-16 kg. Nah, untuk ibu kurus dengn indeks masa tubuh kurang dari 19,8 pertambahan berat badannya 12,5-18 kg.

Apakah Anda juga pernah mendengar jika ibu hamil minum air es maka bisa membuat bayi besar? Pendapat ini benar jika air es yang diminum telah ditambah dengan sirop dan gula. Tapi jika air es saja tanpa embel-embel apapun, maka tidak akan membuat bayi yang lahir terlalu besar.

"Energi dari gula dan sirop yang menyebabkan janin lebih cepat besar, bukan air es," jelas Prof Made.

Demikianlah tulisan Mitos, Ibu Hamil Harus Makan Porsi Ganda. Jika bermanfaat, silahkan klik tombol share/bagikan di bawah atau atas tulisan ini.@

Subscribe to receive free email updates: