Cara dan Manfaat Inisiasi Menyusu Dini

iklan ...

Semua bayi dari kelahiran normal, caesar, vakum, kelahiran tidak sakit, ataupun epiostomi dapat melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Hanya saja peluang untuk menemukan sendiri puting ibu berkurang sampai 50% pada bayi lahir dengan bantuan. Hal ini juga berlaku pada bayi yang sempat dipisahkan untuk sementara waktu.

Langkah-langkah Inisiasi Menyusu Dini (IMD) :

1. Setelah bayi dibersihkan, ia akan diletakkan di dada ibu. Biasanya bayi akan terdiam sekitar 20-30 menit. Saat itu ia sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Setelah itu bayi akan mencium tangan yang belum dibersihkan, yang menyisakan bau makanan saat berada di dalam rahim. Berdasarkan penciuman ini, ia bergerak mencari puting ibunya yang berbau sama sambil merangkak dengan menjejakkan kaki di atas perut ibu.

3. Bayi akan menemukan puting ibunya dengan sendirinya dan menjilat-jilat, kemudian mulai menyusu.

Adapun manfaat dalam melakukan Inisiasi Menyusu Dini, antara lain :

1. Bayi yang mengalami IMD akan lebih mudah menyusu nantinya sehingga menghindari kemungkinan gagal menyusu. Bayi juga langsung mendapatkan kolostrum yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

2. Jejakan kaki bayi di atas perut ibu akan membantu menghentikan perdarahan dari rahim ibu (terutama pada kelahiran normal).

3. Saat bayi menjilati kulit ibu, maka bakteri baik di kulit ibu akan tertelan dan menjaga kekebalan tubuh bayi.@

Subscribe to receive free email updates: