Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

iklan ...

Asupan yang terbaik bagi bayi adalah Air Susu Ibu (ASI). Berikut ini manfaat ASI bagi bayi :

1. ASI memiliki komposisi yang sempurna bagi pencernaan bayi. ASI mengandung laktosa, protein yang mudah dicerna, dan lemak. Semua komposisi tersebut dalam takaran yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Dalam ASI terdapat pula mineral, vitamin, enzim, kolostrum yang mengandung zat kekebalan teruma lgA. Karena berisi zat kekebalan, ASI dapat melindungi bayi dari penyakit-penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kemungkinan alergi.

2. ASI tidak hanya memberi nutrisi pada fisik bayi saja, ASI dapat membangun ikatan yang kuat antara ibu dan bayi. Kontak melalui belaian dan dekapan, senyuman, kehangatan, dan detak jantung si ibu membuat bayi merasa aman dan nyaman.

3. ASI dapat membuat IQ bayi lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberi ASI.

4. Memberikan ASI dengan cara menyusui si bayi, bayi yang mengisap asi maka bayi yang baru lahir dapat lebih sempurna dalam koordinasi saraf menelan, mengisap, dan bernapas.

5. ASI praktis dan ekonomis. Tidak perlu membeli susu formula karena ASI dapat memenuhi kebutuhan bayi hingga usia 6 bulan.

6. Menyusui secara eksklufsif dapat menunda haid dan kehamilan sehingga dapat digunakan sebagai alat kontasepsi alamiah yang disebut Metode Amenorea Laktasi (MAL). Namun tetap dianjurkan untuk memakai alat kontrasepsi untuk mengatur kehamilan.@

Subscribe to receive free email updates: