Gaya Menyusu Bayi

iklan ...

Gaya menyusu bayi berbeda-beda. Ada beberapa gaya menyusu yang juga dipengaruhi pola menyusunya, yaitu :

1. Tipe Barakuda
Begitu diletakkan di depan dada sang ibu, bayi langsung mengisap puting dengan energik selama 10-20 menit. Biasanya bayi akan antusias, sehingga ia kerap menggigit puting ibu terlalu keras sehingga melukai puting si ibu. Lama kelamaan bayi akan semakin tenang.

2. Tipe Antusias Namun Tidak Efektif
Bayi terlihat antusias di awal seperti sangat kelaparan, kadang-kadang sampai menjerit-jerit karena frustasi sehingga ibu harus menenangkannya berkali-kali saat menyusui. Kuncinya adalah selalu menyusui begitu bayi terbangun, sebelum bayi benar-benar lapar sehingga akan lebih tenang.

3. Tipe Penunda
Bayi tampak tidak berusaha menyusu atau memberi sinyal bahwa ia lapar. Ia hanya tampak acuh tak acuh sehingga ASI mengalir ke dalam mulutnya. Jika dipaksa, ia marah dan menolak. Kuncinya adalah bersabar karena bisa saja ia sedang menyesuaikan diri dengan dunia barunya. Jangan lelah membujuknya. Setelah beberapa saat, ia akan menyesuaikan diri dengan jadwal menyusunya. Jika ia melewatkan jadwalnya, anda dapat memerah ASI untuk tetap merangsang produksinya.

4. Tipe Icip-icip
Si kecil suka bermain-main dengan puting anda terlebih dahulu. Mencicipi ASI anda, lalu menolaknya kembali. Jika diburu-buru, ia protes. Kuncinya bersabar. Setelah beberapa menit mencoba icip-icip, ia akan mulai menyusu dengan tenang.

5. Tipe Penidur
Tipe ini akan menyusu beberapa menit, lalu tidur beberapa menit, kembali menyusu, lalu kembali tidur. Tentu hal ini merepotkan ibu yang sibuk. Namun, bayi tipe ini memang tidak bisa diburu-buru. Kuncinya adalah menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka sefleksibel mungkin. Lama kelamaan si kecil akan mengikuti satu pola yang lebih teratur.

Bisa saja bayi anda tidak sesuai dengan tipe tersebut diatas, tapi anda perlu memahami bagaimana gaya menyusu si kecil untuk mempermudah menyesuaikan diri dengan kebutuhannya@

Subscribe to receive free email updates: