Masa Pertumbuhan Bayi 18 Bulan - 23 Bulan

iklan ...

Usia 18 Bulan

Sekitar usia 18 bulan, banyak batita sudah mampu makan sendiri menggunakan sendok dan garpu khusus anak-anak. Namun, batita sudah bisa menolak makanan yang tidak ia sukai.

Pada perkembangan kepribadiannya, si kecil suka mencari perhatian dan senang mengulang tingkah laku yang mendapatkan respons, akan tetapi ia mudah marah dan frustasi jika kelelahan.

Si kecil juga sudah pandai dalam memilih mainan, ia jadi lebih suka telepon selular sungguhan daripada telepon mainannya.

Usia 19 Bulan

Batita semakin berkeinginan kuat untuk melakukan segala sesuatu sendiri dan mulai terikat pada benda miliknya. Ia semakin terampil berjalan, naik turun tangga, dan bahkan mulai berlari.

Batita sudah mulai paham ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan ide orang dewasa. Meskipun begitu, ia sangat suka dilibatkan dalam tugas sehari-hari.

Usia 20 Bulan

Pada usia 20 bulan batita mencoba menendang atau melempar bola. Pada usia ini perilaku anak lebih agresif, ia bisa saja memukul, mendorong, menggigit, atau menarik.

Dalam hal ini orangtua jangan bereaksi berlebihan terhadap perilaku anaknya. Jelaskanlah dengan tenang dan sabar bahwa tindakan tersebut tidak baik. Si kecil sudah mampu melepas bajunya sendiri dengan sedikit pertolongan dari sang ibu.

Kemampuan lainnya si kecil sudah mampu minum dari cangkir terbuka dengan hanya sedikit tumpah. Selain itu anak sudah mampu menggabungkan dua kata atau lebih kata untuk membentuk frasa.

Usia 21 Bulan

Perkembangan motorik pada usia 21 bulan berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak. Sehingga, setiap gerakan sederhana merupakan hasil pola interaksi yang kompleks.

Dengan perkembangan ini ia sangat tertarik untuk menata ulang perabotan yang ada di dalam rumah dan bersedia membantu pekerjaan rumah tangga. Batita mulai mengambil inisiatif dalam bermain, ia dapat memungut benda kecil atau mainan favoritnya dengan ibu jari atau jari telunjuknya. Dan sangat senang memainkan alat musik yang sederhana.

Bahkan pada usia ini, ia bisa mengenakan pakaian sendiri, mencuci serta mengeringkan tangannya sendiri. Batita sudah tidak lagi menggunakan popok dan sudah paham kapan ia ingin pergi ke toilet bila akan buang air kecil atau buang air besar.

Usia 22 Bulan

Menginjak 22 bulan batita mulai memiliki ide yang sangat cerdas tentang apa yang ingin ia capai, seperti menggelindingkan bola ke arah sasaran, mendorong mobil-mobilnya ke jalan secara bersamaan.

Batita senang memanjat, melompat, dan berlari. Dan berusaha melindungi dirinya dari bahaya. Saat ini permainnya berkembang dari cilukba ke petak umpet. Sebab, ia ingin seseorang menemukannya meski tempat persembunyiannya tidak terlalu tersembunyi.

Usia 23 Bulan

Pada usia 23 bulan, ia mulai senang memerintah, misalnya berkata 'cerita sekarang', 'jangan ngomong papa', atau 'stop'. Di usia ini perbendaharaan kata batita berkembang dengan sangat cepat.

Berbicara dengan baik, menggunakan beberapa kata. Pada bulan ini anak Anda sudah jago bersenandung atau bernyanyi. Ia mungkin sudah mulai mencoba menggambar lingkaran dan membuat garis.

Selain itu ia juga sudah pandai menyalakan televisi serta memainkan remote dan belajar mengupas pisang. Ia mungkin suka meniru bagaimana kakak atau saudaranya yang lebih tua menggiring bola dan mengikuti anak-anak lainnya bermain.@

Sumber : detik

Subscribe to receive free email updates: