Pertumbuhan Bayi Usia 12 Bulan - 17 Bulan

iklan ...


Usia 12 Bulan

Pada ulang tahun pertamanya, ia sudah bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan. Pandai menggunakan peralatan seperti sikat gigi, sisir dan memegang botol.

Si buah hati mulai menunjuk sesuatu dengan jari telunjuknya. Bahkan, si kecil juga meniru gerakan seperti menepuk tangan. Salah satu kemampuan sosialnya yang baru ialah melambaikan tangan selamat tinggal.

Usia 13 Bulan

Pada usia 13 bulan si kecil memerlukan ruang gerak dengan cara bermain di taman atau di kebun kapan pun memungkinkan. Si kecil mulai mencoba kata-kata pertamanya ditambah beberapa kata yang ia kenali.

Ia juga tahu bagaimana cara memenuhi keinginannya. Ketika ia ingin turun ia akan menunjuk ke bawah, ketika ingin bermain ia akan menunjuk benda-benda yang ia kenal.

Usia 14 Bulan

Di kisaran usia ini batita mampu merespons melalui ocehan yang berisi semua nuansa pertanyaan, perintah, infleksi, dan irama sebagaimana laiknya percakapan. Memakan makanan dengan penuh kegembiraan dan terampil dalam menggunakan sendok.

Kemampuan motorik yang ada pada usia ini adalah batita sudah bisa berdiri sendiri dan membungkuk kemudian berdiri kembali. Hal hebat lainnya batita sudah mencoba-coba memanjat, menaiki sofa, dan menuruni anak tangga.

Ia sudah pandai merangkai beberapa kata dan belajar lebih banyak setiap harinya. Ia juga memiliki ide atau inisiatif tentang apa yang ia inginkan dan berupaya gigih untuk mencapainya.

Usia 15 Bulan

Batita mulai berjalan sendiri dengan cukup baik dan mungkin sudah bisa berjalan mundur. Berjongkok untuk mengamati sesuatu yang menarik perhatian di lantai.

Pada usia ini, anak mungkin akan senang bila diajak bermain game dengan Anda, seperti menunjuk bagian tubuh atau gambar saat ia ditanya. Dalam mengembangkan kepribadiannya ia cenderung fleksibel dan beradaptasi dengan mudah terhadap perubahan dan lingkungannya.

Ia semakin pandai menggunakan sendok atau garpu dan juga sudah bisa melepas kaus kaki yang ia kenakan.

Usia 16 Bulan

Pada usia 16 bulan anak memiliki hasrat untuk menulis dan membuat garis dengan menggunakan pensil warna. Selain itu ia pun senang membantu ibunya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah.

Perkembangan si kecil sangatlah pesat, ia sudah mulai bisa berlari-lari dan tertarik untuk naik turun tangga tanpa bantuan. Menjelajah dan mencari tahu segala sesuatu sebelum melakukannya seperti membuka bungkusan kado, mencuci tangan dan duduk di kursi.

Usia 17 Bulan

Pada usia 17 bulan batita sudah mampu mengucapkan kelompok kata dan cepat menangkap kata-kata baru. Selain memahami kalimat yang terdiri dari beberapa kata, anak sudah dapat mengembangkan komunikasi dengan menggunakan gerakan tubuh, tangisan, atau mimik wajah.

Ia memilih permainan interaktif sebagai favoritnya, ia sangat suka bermain peran dan ingin menjadi seperti Ayah atau Ibunya. Karena sudah lancar berjalan ia senang menarik mainan untuk menemaninya berjalan.

Pada usia ini batita kerap pilih-pilih makanan dan hanya mau makanan tertentu saja. Pada umumnya jika sang anak memiliki kemampuan baru biasanya akan mengalami kesulitan tidur siang karena ia sedang bersemangat untuk mencoba kemampuan barunya itu terus-menerus.@

Sumber : detik

Subscribe to receive free email updates: