Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

iklan ...

Anda pasti tahu buah kurma kan? Buah dengan nama latin Phoenix Dactylifera ini sering kita jumpai saat bulan puasa dan lebaran.

Buah kurma sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Buah yang rasanya manis ini bisa mengecilkan rahim. Kurma mengandung semacam hormon (potuchsin) yang memiliki khasiat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa membantu mengecilkan rahim usai persalinan sekaligus mencegah perdarahan rahim. Beberapa manfaat kurma bagi ibu hamil selain mengecilkan rahim pasca persalinan, juga bermanfaat melancarkan ASI, mengembalikan tenaga ibu pasca melahirkan, melancarkan BAB.

Zat besi dan kalsium yang terkandung pada buah kurma merupakan pembentuk ASI yang sangat baik. Karenanya ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma supaya produksi ASI-nya lancar.

Di dalam sebutir kurma terdapat protein 1,8-2 persen, serat 2-4 persen, glukosa 50-57 persen. Buah ini sangat bermanfaat dikonsumsi usai proses persalinan karena bisa mengembalikan tenaga ibu dalam waktu singkat.

Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah jenis glukosa yang mudah diserap tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.

Setelah persalinan normal, ibu disarankan tidak mengedan saat BAB supaya jahitannya tidak robek. Untuk itu kandungan vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium dan serat dalam jumlah yang dapat diandalkan dalam kurma, membantu mempermudah BAB.@

Subscribe to receive free email updates: