Waspadai Penyakit Pneumonia Pada Bayi

Hai para Bunda, tahukah anda bahwa ada salah satu penyakit mematikan yang patut diwaspadai yang menyerang bayi atau anak-anak, khususnya bayi usia dibawah 5 tahun (balita)?. Penyakit itu bernama pneumonia.

Penyakit pneumonia yang menjangkiti balita merupakan peradangan atau inflamasi yang terdapat pada parenkim paru. Kondisi ini ditandai dengan adanya batuk, sesak napas, demam, dan infiltrat pada foto rontgen. Gejala pneumonia ditandai dengan adanya napas cepat pada anak.

Selain penyakit diare, pneumonia ini menjadi salah satu "pembunuh" utama balita di dunia, termasuk di Indonesia.

Penyebab utama pneumonia pada balita adalah bakteri jenis Streptococcus pneumonia dan Haemophilus influenza tipe b atau Hib. Penyakit ini dapat menular melalui beberapa cara, diantaranya melalui udara yaitu percikan ludah saat penderita bersin, batuk, ataupun berbicara.

Menurut Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 bahwa angka kesakitan (morbiditas) pneumonia pada bayi adalah 2,2% dan balita 3%. Sementara angka kematian (mortalitas) pada bayi mencapai 23,8% dan balita 15,5%.

Sementara itu berdasarkan Data lembar fakta World Health Organization (WHO) tahun 2013 juga menunjukkan fakta yang sama. Pneumonia atau radang paru akut dinyatakan sebagai penyebab kematian terhadap sekitar 1,2 juta anak setiap tahunnya

Melihat data tersebut berarti pada setiap 1 jam terdapat 230 anak di dunia meninggal dunia karena penyakit pneumonia. Angka ini melebihi angka kematian yang disebabkan oleh AIDS, malaria, dan tuberkulosis. Di Indonesia angka kematian balita oleh pneumonia mencapai 416 anak per hari atau sekitar 1 anak setiap 4 menit.

Mari kita jaga dan rawat anak-anak kita agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit pneumonia.@

Tips

Terapi Jus