Manfaat Minum Susu Untuk Ibu Hamil

iklan ...

Kecuali bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, mengonsumsi susu sangat bermanfaat dan berguna bagi tubuh hampir semua orang, terutama bagi ibu hamil. Mengapa minum susu sangat bermanfaat dan berguna bagi ibu hamil? Susu mengandung banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Untuk mendapatkan manfaat susu tersebut, minumlah susu setiap hari sebanyak 1 (satu) gelas. Bagi ibu hamil, mengonsumsi atau minum susu selama masa kehamilan akan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang ada dalam kandungannya. Untuk mengetahui apa saja manfaat minum susu untuk ibu hamil, berikut ini ulasannya.

Susu Sebagai Sumber kalsium 

Ketahuilah bahwa saat masa kehamilan, seorang ibu hamil harus mencukupi asupan kalsium dalam tubuhnya. Kebutuhan kalsium bagi ibu hamil dapat diperoleh melalui susu. Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Oleh karena itu, sebaiknya bagi ibu hamil rutin minum susu 3 (tiga) gelas sehari selama masa kehamilannya. Apabila seorang ibu hamil kekurangan kalsium, maka ia akan kehilangan kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan kalsium si bayi dalam kandungan.

Susu Sebagai Sumber Protein 

Selama masa kehamilan seorang ibu hamil harus memenuhi berbagai asupan, salah satunya adalah mencukupinya asupan protein dalam tubuh. Apabila ibu hamil kekurangan protein dalam rubuhnya, maka akan berdampak pada menurunnya berat badan bayi saat lahir.Asupan protein sangat penting selama masa kehamilan karena sangat membantu membangun rahim, suplai darah, memelihara bagian dada ibu hamil, dan jaringan bayi. Seorang ibu hamil semestinya minum susu sebanyak 3 (tiga) gelas sehari selama ia hamil dan sebaiknya mengonsunsi susu yang rendah lemak.

Susu Sebagai Sumber Vitamin D 

Susu merupakan sumber penting dari vitamin D. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah rakhitis neonatal dan berat lahir rendah. Minum susu selama kehamilan akan memenuhi kebutuhan vitamin D Anda sekitar 59 persen.

Susu Berguna Mengatasi Maag 

Biasanya ibu hamil sering mengalami sakit perut. Hal ini merupakan kondisi yang bersifat umum dan wajar. Untuk mengatasi sakit perut atau maag selama masa kehamilan, meminum susu merupakan salah satu cara terbaik untuk mengobatinya. Mengonsumsi susu dingin selama hamil dapat membantu meringankan sakit perut, sakit maag, dan masalah lambung lainnya.

Hidrasi 

Ibu hamil harus senantiasa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuhnya. Tingkat kecukupan cairan dalam tubuh (hidrasi) sangat penting untuk ibu dan bayi dalam kandungannya. Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan dan keseimbangan cairan dalam tubuh bagi ibu hamil yaitu dengan minum susu secara rutin selama masa kehamilan.

Demikian posting mengenai manfaat minum susu selama masa kehamilan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Semoga bermanfaat.@


Subscribe to receive free email updates: