Cara Bersihkan Sisa Susu di Lidah Bayi

iklan ...

Liputan6[.]com, Jakarta Pernah memperhatikan selaput putih pada lidah bayi? Hal ini sebetulnya tak aneh bagi bayi, selaput putih itu berasal dari sisa ASI atau susu yang mereka konsumsi. Bagaimana cara membersihkannya? Simak tips dari Mommy Ivana Angelina dari Babyologist berikut ini...

Sebenarnya wajar kalau semua bayi yang minum susu formula maupun ASI memiliki lidah yang ada putih-putihnya. Hal ini dikarenakan efek susu. Kalau sudah putih, baiknya rutin dibersihkan ya Moms karena kalau tidak, lama-kelamaan bisa menyebabkan panas dalam dan berbagai komplikasi lainnya.

Kalau aku membersihkan lidah si Kecil cukup seminggu sekali, tapi bagi Anda yang rajin, maka lidah bayi boleh dibersihkan setiap hari.

Bahan yang perlu disiapkan:

Kain kasa steril
Gelas
Air hangat

Cara membersihkan lidah bayi

1. Cuci tangan pakai sabun, lalu keringkan.

2. Lilitkan kain kasa ke jari telunjuk.

3. Celupkan ke air hangat.

4. Bersihkan lidah bayi dengan hati-hati dan secara searah (jangan terlalu dalam).

Penting: Jangan membersihkan lidah sesudah anak makan/minum susu, karena dapat menyebabkan ia muntah. Sebaiknya permbersihan lidah dilakukan sebelum makan/minum susu supaya "lebih aman." Setelah digunakan, Mom dapat memasukkan kain ke air hangat lagi sebelum memberishkan kembali lidah si kecil.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: