Cegah Kelahiran Prematur, Ibu Wajib Bersihkan Mulut dan Gigi

iklan ...

Jika saat ini anda sebagai perempuan sedang dalam kondisi hamil, wajib untuk membaca tulisan ini. Tulisan ini sangat penting bagi anda karena mengulas tentang kesehatan mulut dan gigi pada ibu hamil dan resikonya terhadap kelahiran prematur.

Kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga kebersihannya beresiko pada kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Penyakit periodontal ini sangat mempengaruhi terhadap kondisi kehamilan pada Ibu.

Periodontal merupakan fase kronis, disebabkan oleh infeksi bakteri atau radang, dan bisa mempengaruhi gusi atau bahkan struktur tulang rahang. Apabila tidak diobati atau diabaikan, penyakit periodontal sering menjadi penyebab radang pada gusi dan tanggalnya gigi permanen. Periodontal dapat memicu resiko diabetes, penyakit jantung maupun pembuluh darah.

Penyakit periodontal terbukti menjadi pemicu resiko kelahiran bayi prematur atau memiliki berat badan rendah. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah juga rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan saat tumbuh dewasa.

Kelahiran bayi prematur juga berkaitan dengan berbagai komplikasi saat dilahirkan. Dalam pertumbuhannya, kondisi tersebut bisa meningkatkan bayi terhadap resiko gangguan pernapasan, gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran, serta gangguan pencernaan dan pola makan.

Sebagaimana ulasan Journal of Periodontology and Journal of Clinical Periodontology bahwa gejala lain dari penyakit periodontal adalah gusi mudah berdarah saat gosok gigi, gusi yang terpisah dari gigi, bau mulut, gigi mudah tanggal.

Pada saat hamil, gejala tersebut tidak boleh diabaikan dan membutuhkan penanganan dokter gigi. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan oleh ibu hamil.@

Subscribe to receive free email updates: