Diet Untuk Wanita Setelah Melahirkan

iklan ...

Banyak wanita mengeluhkan kondisi badannya yang gemuk setelah melahirkan. Perubahan bentuk badan ini membuat sebagian ibu muda tersebut menjadi kurang percaya diri dengan penampilannya.

Dengan bertambahnya bobot tubuh pasca melahirkan, sebagian besar wanita pasca melahirkan langsung melakukan program mengurangi berat badan.

Jika anda termasuk wanita yang baru melahirkan dan mengalami masalah dengan berat badan, berhati-hatilah dalam menjalankan program diet karena program diet pasca melahirkan berbeda dengan program diet biasa.

Program diet bagi wanita setelah melahirkan dan menyusui wajib memperhatikan asupan makanan agar Air Susu Ibu (ASI) yang diberikan untuk si bayi tetap berkualitas.

Nah, berikut ini tips dan cara diet bagi wanita pasca melahirkan dan menyusui demi mempercantik penampilan.

Enam Minggu Pasca Melahirkan

Mulailah melakukan diet setelah 6 minggu melahirkan. Mengapa harus menunggu sampai 6 minggu? Waktu ini diperlukan agar tubuh melakukan pemulihan kekuatan setelah melahirkan dan pada rentang waktu 6 minggu pasca melahirkan kondisi emosional cenderung lebih stabil.

Makanan Sehat

Konsumsilah sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Asupan serat sangat dibutuhkan dalam menjalankan diet. Asupan serat ini bisa didapat dari beras merah, gandum, dan sereal.

Jauhi Junkfood

Junkfood sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Makanan ini hanya akan membuat tubuh anda semakin "besar" tanpa memiliki kandungan gizi yang cukup.

Jadi mulailah dengan menghindari cemilan dan makanan seperti snack (kerupuk, gorengan, kripik) dan minuman yang mengandung soda.

Sebaiknya ganti cemilan tersebut dengan aneka buah-buahan.

1500-2000 Kalori

Ibu pasca melahirkan dan menyusui membutuhkan kalori sebanyak 1500-2000. Jika kebutuhan kalori kurang dari nilai tersebut diatas maka dapat beresiko mengalami masalah kesehatan, seperti : anemia. Mengingat bahwa wanita pasca melahirkan mengalami kekurangan darah sehingga pada tahap pemulihan membutuhkan kalori yang cukup.

Banyak Minum Air Putih.

Minum air putih bermanfaat untuk membantu membersihkan racun dan mengoptimalkan penurunan berat badan.

Olahraga

Menjalankan program penurunan berat badan tidak cukup hanya dengan melakukan diet makanan semata. Berolahraga secara rutin mesti dilakukan sebagai kombinasi yang efektif dalam menurunkan berat badan.

Lakukanlah olahraga kecil yang bisa dilakukan sambil membawa bayi anda. Misal, jalan kaki pada pagi hari sambil menggendong si bayi berkeliling kompleks. Atau jika rumah anda memiliki tangga, anda bisa melakukan naik turun tangga.

Kegiatan olahraga ringan tersebut sangat membantu dalam upaya membakar lemak.

Sebelum menjalankan program diet, sebaiknya anda mengetahui dan memahami kondisi tubuh anda. Bila perlu berkonsultasilah ke dokter gizi sebelum program diet Anda jalani.

Demikian tulisan Diet Untuk Wanita Setelah Melahirkan. Mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan sebelum menjalani program diet.@

Subscribe to receive free email updates: